Alur Pendataan Siswa Peserta AKM Tahun 2021 dari pertama sampai lolos BIOS

Alur Pendataan Siswa Peserta AKM Tahun 2021 dari pertama sampai lolos BIOUN.

1. EMIS = Memastikan siswa sudah terinput di EMIS Madrasah terkhusus lagi untuk kelas 4, 8 dan 11 yang akan mengikuti AKM.

2. EMIS = Memastikan biodata siswa lengkap dan valid serta detailnya lengkap agar nantinya tidak kesulitan masuk ke VervalPD.

3. VervalPD = Setelah memastikan dan menyelesaikan pendataan siswa di EMIS maka pastikan juga siswa sudah masuk ke VervalPD untuk validasi data siswa dan NISN.

4. VervalPD = Setelah itu pastikan data siswa yang masuk VervalPD sudah valid dan juga sudah memiliki NISN dan sebagai tambahan jika masih ada biodata yang salah di VervalPd maka silahkan lakukan edit di VervalPD dan juga jika ada NISN yang tidak sama dengan NISN yang tertera di ijazah sebelumnya maka bisa lakukan edit NISN jika bisa dilakukan maka lanjutkan tapi jika tidak maka terima NISN yang diberikan sistem biarpun beda dengan yang tertera di ijazah karena NISN yang digunakan NISN yang ada pada jenjang paling atas.

5. e-monitor = Setelah memastikan data siswa lengkap dan valid di VervalPD maka selanjutnya buka web http://emisdep.kemenag.go.id/e-monitor/siswamadrasah/akm/ dan pastikan disana siswa sudah ada dan tidak ada yang merah. jika ada yang merah maka silahkan perbaiki di EMIS tanpa meminta batal konfirmasi ke admin Kabupaten setelah semua terisi lengkap dan valid kemudian menu syncron sudah muncul maka lakukan syncron.

Langkah selanjutnya menunggu proses data masuk ke server integrasi sekitar paling cepat 2 jam.

Setelah selang beberapa jam kemudian bapak/ibu cek siswanya di web http://pd.data.kemdikbud.go.id/ dengan login menggunakan PDSPK pada menu PDAKM jika data sudah ada di situ jelas siswa tersebut sudah masuk pada PDUN maka langkah selanjutnya bapak / ibu masuk ke web BIOUN sesuai jenjang dan silahkan klik tarik data bagi Madrasah yang di berikan akses full tapi jika menu tarik data diBIOUN tidak ada maka bapak/ibu bisa lapor ke admin dinas kab untuk MI dan MTs dan untuk MA bisa lapor ke admin cabang dinas Provinsi atau kordinator untuk meminta datanya ditarik ke BIOUN dan setelah siswa masuk ke BIOUN Madrasah tinggal menunggu web AKM bisa menarik data.