Atasi Siswa Tidak terbaca Di BAP Emis

Infoopm.com - Emis Madrasah merupakan pendataan sekolah yang berbasis aplikasi web di bawah naungan Kementerian Agama, pendataan ini dilakukan pada setiap semesternya. tentunya para operator Madrasah sudah tidak asing lagi dengan pendataan aplikasi ini dalam setiap tahun bahkan dalam setiap semesternya, Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi tentang pendataan Emis madrasah yang mungkin rekan-rekan banyak alami kendala, mulai dari input siswa edit siswa kemudian melengkapi sarana prasarana Madrasah detail-detail siswa dan lain sebagainya,salah satu kendala dari para operator Madrasah adalah ketika mencetak berita acara Emis siswa tidak terbaca di lampiran,tentu ini akan membuat pusing oleh para operator madrasah,karena dianggap pendataan siswa aktif itu tidak ada, Baiklah kali ini admin akan berbagi tips dan trik bagaimana untuk mengatasi siswa tidak terbaca di berita acara:

Tahap Pertama :

memastikan jenis kelamin siswa

  1. masuk ke menu siswa aktif
  2. cek detail siswa
  3. cek bagian profil siswa
  4. cek jenis kelamin siswa
jika dibagian jenis kelamin siswa sudah sesuai dan tidak salah maka bisa tapi dilewatkan,kemudian masuk ke menu konfirmasi pilih siswa kemudian cek rekapitulasi siswa Apakah jenis kelamin siswa terbaca dengan angka atau huruf, jika terbaca dengan huruf silahkan ulangi tahap pertama, jika tahap pertama ini sudah dipastikan data sudah benar maka jika dia tetap dicetak siswa kosong kita masuk ke tahap kedua.

Tahap Kedua

memastikan rombel siswa

  1. masuk ke menu sarana dan prasarana
  2. tata ruang
  3. kemudian cek apakah data ruang itu sesuai dengan ketentuan, perlu dipahami dan dimengerti Untuk penulisan data ruang dan data rombel itu harus dibedakan, untuk nama ruang silakan Bapak Ibu isi sesuai, tapi kalau Romble itu harus menggunakan angka, dimulai dari angka 1 2 3 dan 4 dan seterusnya, misal dalam satu ruang kelas 7 ada 3 rombel maka ditulis dengan 1 2 3, sehingga nanti akan menjadi 7/01, 7/02, 7/03, untuk kelas 8 misalkan ada 2 rombel maka rombel ditulis kembali dimulai dari Rumble1, Rumble 2 tulis 2, maka akan menjadi 8/01,8/02 , dan seterusnya. jadi untuk rombel dalam satu tingkatan itu tidak boleh diteruskan harus di Mulang dari 1 tidak meneruskan angka rombel kelas bawahnya.
  4. setelah rombel sudah sesuai dengan ketentuan silakan bapak ibu masuk ke menu siswa aktif kemudian ceklis siswa siswa yang berada di siswa aktif kemudian pindahkan ke rombel masing-masing siswa.
  5. Pastikan semua siswa sudah masuk di rombel jangan ada siswa yang belum masuk di rombel
  6. klik konfirmasi
  7. kemudian cetak BAP
demikian untuk dipahami dan dimengerti tutorial dan tips dari admin yang admin Tuliskan untuk mengatasi siswa tidak terbaca di berita acara Emis.

Jika Bapak Ibu belum memahami tentang tutorial diatas silahkan simak video tutorial yang sudah admin buatkan di bawah ini :