Keselarasan Kurikulum dengan Asesmen Nasional


 Landasan Teori

Kurikulum 2013 dikembangkan atas teori “pendidikan berdasarkan standar” (standard-based education), dan teori kurikulum berbasis kompetensi (competency- based curriculum)

Pendidikan berdasarkan standar menetapkan adanya standar nasional sebagai kualitas minimal warganegara yang dirinci menjadi standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar penilaian pendidikan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan.

Kurikulum berbasis kompetensi dirancang untuk memberikan pengalaman belajar seluas-luasnya bagi peserta didik dalam mengembangkan kemampuan untuk bersikap, berpengetahuan, berketerampilan, dan bertindak.

PENGERTIAN

Kompetensi diartikan sebagai pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai dasar yang direfleksikan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak

COMPETENCY BASED

Filosofi Dasar

Gagasan bahwa “human competence” merupakan kemampuan yang benar-benar terlihat. Pengetahuan, sikap , dan keterampilan merupakan hal yang tidak berharga jika tidak ditunjukan dengan adanya hasil.

Filosofi kedua “mastery learning” menyebutkan bahwa hampir semua orang dapat mempelajari semua hal dengan baik, apabila mendapatkan pengajaran yang berkualitas serta waktu yang mencukupi

Untuk lebih lanjut silahkan liat file berikut ini