Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Minimum tahun 2020/2021 jenjang MA/MA/SMAK/SMTK

Aplikasi Pendataan Asesmen KompetensiMinimum tahun 2020/2021 jenjang MA/MA/SMAK/SMTK, ini adalah sebuah sistem aplikasi untuk menangani pendataan siswa calon peserta Asesmen Kompetensi Minimum tahun 2020/2021. Aplikasi ini dapat diakses secara daring. Dengan menuliskan alamatnya di https://biosma.kemdikbud.go.id
Tujuan dibangunnya Sistem ini adalah agar diperoleh sebuah sistem informasi database dalam bentuk digital/elektronik yang dapat merekam Isi Data, memproses data, pemutahiran data, sampai dengan mencetak data dapat dilakukan dengan mudah karena sudah tersimpan dalam database dan meminimalisasi redudansi data serta kesalahan yang disebabkan oleh manusia (human error). Yang juga tak kalah penting adalah untuk mendapatkan data secara cepat, tepat, dan ter-update. Namun begitu masuk ke web browser dan mengetikkan alamat https://biosma.kemdikbud.go.id, maka akan tampil seperti pada gambar 1 di bawah ini.
Gambar 1 : tampilan awal/login

Perlu diingat bahwa; untuk nama pengguna huruf kecil dan besar tidak terlalu berpengaruh, namun berbeda dengan kata kunci sangat sentisitif (jika diketik dengan huruf kecil harus ditulis huruf kecil, kalaumenggunakan huruf besar maka harus di tulis dengan huruf besar pula). Jika 3 kali tidak berhasil memasukan informasi nama pengguna dan kata kunci, pada diperlukakan memasukkan kode keamanan sesuai dengan yang ada di tampilan komputer masing-masing, dan kode keamanan ini adalah jawaban hasil perhitungan yang ada di kotak hitunglah.

Gambar 2 Tampilan awal/ login user id Jika 3 kali tidak berhasil login

Setelah memasukkan nama pengguna, kata kunci, serta kode keamanan dengan benar dan menekan tombol masuk, maka untuk pertama kali login, pengguna dihadapkan pada tampilan UBAH KATA KUNCI, silahkan masukan kanta kunci baru dan konfirmasi ulang kata kunci baru pada kotak isian yang sudah di sediakan, dengan ketentuan kata kunci baru minimal 6 karakter berisi huruf besar, huruf kecil, angka dan simbol. Selanjutnya tekan tombol Simpan.

Gambar 3. Ubah Kata Kunci

Setelah berhasil memasukan kata kunci baru, pengguna akan dihadapkan pada tampilan Ubah Data Pengguna. Silahkan masukan data Photo, Nama Lengkap, NIP/ID Pegawai, Jabatan, Alamat, Telp/HP, dan Email selanjutnya tekan tombol Simpan (lihat Gambar 3a).

Gambar 3a. Ubah Data Pengguna 

A. HALAMAN UTAMA

Pada halaman utama ini terlihat siapa yang sedang akses, atau menggunakan aplikasi ini, nama pengguna akan ditampilkan pada sisi pojok kanan atas dari layar monitor. Lebih jelas seperti pada gambar 4 di bawah ini:

Gambar 4. Halaman Utama 

Halaman ini sendiri mempunyai beberapa menu diantaranya:

1. Dashboard

2. Data Master

3. Biodata Siswa

4. Tools

5. Cetak Dokumen

6. Rekap Laporan Untuk pembahasan lebih jelas akan dibahas satu persatu berdasarkan menu dan sub menu yang ada, pertama setelah diawali dengan halaman utama yang telah terurai dan terlihat seperti pada gambar 4 di atas, maka selanjutnya menuju ke menu berikutnya.

B. MY ACCOUNT

Menu yang mengatur pengguna dari log in sampai dengan pengaturan boleh akses atau ijin akses ke sistem ini ada yang full akses ada juga yang hanya dapat mengentri data, mencetak data dan lain sebagainya sesuai dengan kemampuan user yang akan diberi ijin akses oleh administrator. Lebih jelas untuk tampilan sub menu My Account seperti pada gambar 5 di bawah ini.

Gambar 5. Tampilan menu My Account  

Menu My account sendiri mempunyai 3 (tiga) sub menu yaitu:

1.     Edit Profil Saya

Sub menu Edit pengguna adalah menu untuk mengubah atau melengkapi data user, di mana dalam data yang di tampilkan berisi antara lain:

a.     Username

Berisi nama pengguna yang digunakan untuk masuk ke dalam aplikasi pendataan on line (usahakan nama yang mudah diingat, agar tidak lupa jika lain kali mau masuk lagi) sebagai contoh nama pengguna: PROVINSI.

b.     Kata kunci

Kata kunci atau password berisi tentang kata kunci dari pengguna yang terdiri dari huruf ataupun angka minimal 6 karakter. Sebagai contoh menggunakan kata kunci: “provinsi”  nah karena menggunakan huruf kecil maka untuk login ataupun masuk ke dalam aplikasi memasukkan kata kunci harus menggunakan huruf kecil semua, atau sebaliknya, dan juga bisa menggunakan kombinasi huruf dan angka. Yang terpenting mudah diingat.

c.      Nama lengkap

Nama lengkap ini diisi nama lengkap pengguna, contoh: supanji, isian ini bebas yakni jika namanya panjang dapat diketik semua sesuai dengan nama asli dari pengguna. (isian ini bebas yaitu dapat menggunakan huruf kapital maupun menggunakan huruf kecil).

d.     NIP

NIP ini berisi nomor induk pegawai dari pengguna diisi lengkap (sesuai dengan nomor induk pegawai masing-masing pengguna).

e.     Alamat

Alamat ini diisi dengan alamat pengguna bisa memasukkan alamat kantor ataupun alamat rumah pengguna.

f.       Telepon

Telepon ini berisi nomor telepon kantor atau nomor dinas (diisi dengan benar dan nomor yang masih aktif) karena nomor telepon ini digunakan jika nanti ada kesalahan atau hal-hal lain agar mudah menghubungi.

g.     HP

HP berisi nomor HP pengguna (diisi yang benar dan masih aktif) agar mudah jika menghubungi pengguna yang bersangkutan.

h.     Email

Email ini diisi alamat email yang benar dan masih aktif agar mudah untuk mengirimkan data atau bertukar informasi yang lain via email. Lebih jelasnya mengenai tampilan menu edit pengguna dan contoh pengisian data pengguna lihat gambar 6 di bawah ini:

Gambar 6. Ubah Profil Saya 
Selanjutnya silahkan bapak ibu Simak atau download Buku Manual Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Minimum tahun 2020/2021 jenjang MA/MA/SMAK/SMTK
Trimakasih Telah Berkunjung semoga Bermanfaat, yuk gabung dengan grub kami kami, insyaallah info-info seputar pendidikan akan kami share
☎  Whatsapp
💻 Youtube