Dowload/Uploud Bahan Ajar untuk Tingakat MI MTs MA


Pengertian Bahan Ajar Menurut Ahli

Pandangan dari ahli bahwa bahan ajar adalah seperangkat materi pembelajaran  yang disusun secara sistematis, baik itu tertulis ataupun tidak tertulis, sehingga akan tercipta suatu lingkaungan memungkinkan siswa belajar. Menurut National Centre for Competency Based Training (2007), definisi bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru atau instruktur dalam melaksanakan proses pembelajaran. Bahan yang dimaksudkan itu bisa berupa bahan tertulis maupun tidak tertulis. Menurut Panen (2001) mengungkapkan bahwa bahan ajar merupakan bahan-bahan atau materi pelajaran yang disusun secara sistematis, yang digunakan guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran.

Jenis-Jenis Bahan Ajar

Bersasarkan subjek bahan ajar terdiri dari dua jenis antara lain: (a) bahan ajar yang sengaja dirancang untuk belajar, seperti buku, handouts, LKS dan modul; (b) bahan ajar yang tidak dirancang namun dapat dimanfaatkan untuk belajar, misalnya kliping, koran, film, iklan atau berita. Koesnandar juga menyatakan bahwa jika ditinjau dari fungsinya, maka bahan ajar yang dirancang terdiri atas tiga kelompok yaitu bahan presentasi, bahan referensi, dan bahan belajar mandiri.
Berdasarkan teknologi yang digunakan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas (2008: 11) mengelompokkan bahan ajar menjadi empat kategori, yaitu bahan ajar cetak (printed) antara lain handout, buku, modul, lembar kegiatan siswa, brosur, leaflet, wallchart, foto/gambar, dan model/maket. Bahan ajar dengar (audio) antara lain kaset, radio, piringan hitam, dan compact disk audio. Bahan ajar pandang dengar ( audio visual) seperti video compact disk, dan film. Bahan ajar multimedia interaktif (interactive teaching material) seperti CAI (Computer Assisted Instruction), compact disk (CD) multimedia pembelajaran interaktif dan bahan ajar berbasis web (web based learning material).

Fungsi Bahan Ajar

Secara garis besar, bahan ajar memiliki fungsi yang berbeda baik untuk guru maupun siswa. Adapun fungsi bahan ajar untuk guru yaitu;

  1. Untuk mengarahkan semua aktivitas guru dalam proses pembelajaran sekaligus merupakan subtansi kompetensi yang seharusnya diajarkan kepada siswa; dan
  2. Sebagai alat evaluasi pencapaian hasil pembelajaran.

Dalam bahan ajar akan selalu dilengkapi dengan sebuah evaluasi guna mengukur penguasaan kompetensi per tujuan pembelajaran.

Sedangkan fungsi bahan ajar bagi siswa yakni, sebagai pedoman dalam proses pembelajaran dan merupakan subtansi kompetensi yang harus dipelajari.

Adanya bahan ajar siswa akan lebih tahu kompetensi apa saja yang harus dikuasai selama progam pembelajaran berlangsung. Siswa jadi memiliki gambaran skenario pembelajaran lewat bahan ajar.

Dowload/Uploud Bahan Ajar Tingakat MI MTs MA

Baru baru ini Direktorat KSKK Madrasah DitJen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI telah merilis bahan ajar madrasah, setelah beberapa waktu lalu juga telah merilis portal khusus untuk buku pelajaran yang  diberi nama Buku Digital Madrasah. Buku Digital Madrasah adalah portal untuk membaca dan mendownload buku pelajaran yang dapat digunakan oleh siswa Madrasah baik tingkat Raudlatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) maupun Madrasah Aliyah (MA). Nah setelah kali ini Direktorat KSKK Madrsah merilis bahan ajar madrasah. Bahan Ajar Madrsah adalah portal untuk membaca, upload dan mendownload bahan ajar yang akan digunakan oleh guru Madrasah sebagai bahan ajar. tentunya dengan adanya portal portal web yang di kembangkan oleh KSKK sangat-sangat bermanfaat dan membantu para guru madrsah dalam melaksanakan proses pembelajaran untuk madrasah-madrasah.

Portal bahan ajar ini selain menyediakan perngakat pembelajaran yang umum seperti Silabus RPP juga menyediakan vidio-vidio pembelajaran, bahkan file-file powerpoint bahan ajar pun tersedia di portal web ini.

guru-guru madrasah selain mendowload juga bisa ikut andil dalam membagikan file-file bahan ajar ke guru-guru madrasah diseluruh indonesia, dengan menguploudbahan ajar yang bapak-ibu buat ke portal Bahan Ajar .

baiklah jika bapak-ibu guru ingin mencari atau pun mendowload bahan ajar pendukung proses pembelajaran MI MTs MA silahkan kunjungi website (Bahan Ajar Madrasah MI MTs MA) Atau bapak ibu ingin mencari buku pelajaran bagai guru atau pun siswa madrasah juga bisa kunjungi website (Buku Digital Madrasah) Semoga info yang admin bagikan kali ini bermanfaat bagi bapak ibu ,termiakasih atas kunjunganya.