Panduan Penggunaan Portal Aktivasi dan Manajemen Akun Madrasah Domain Pendidikan Madrasah

 

Kementerian Agama menjalin kerjasama penggunaan Google for Education dalam perluasan akses siswa madrasah terhadap e-learning. Penandatanganan nota kesepahaman ini berlangsung di kantor Kemenag, Jl. Lapangan Banteng Barat No 3-4 Jakarta Pusat, Kamis (21/05).
  1. Akses Solusi Pembelajaran Digital kepada 82 ribu madrasah di Indonesia,yang mencakup sekitar 7 juta siswa di dalamnya. Dengan menggunakan solusi Google for Education, akan tersedialatform daring untuk media pembelajaran siswa madrasah. Adapun materi atau konten mata pelajaran disiapkan Kemenag.
  2. Aplikasi Berbayar Skala Korporat yang diberikan gratis dalam jangka waktu tidak terbatas kepada siswa madrasah. Aplikasi tersebut di antaranya Google Classroom, Google Meet dengan kemampuan interaksi 100 orang dan sejumlah aplikasi tulis menulis praktis seperti Google Docs, Presentasi (Slide) dan Tabulasi (Sheet)) dengan kemampuan kolaborasi. Gmail sekelas korporat yang bebas iklan dan spam dengan kapasitas tidak terbatas, penyimpanan (Drive) di cloud dengan kapasitas tidak terbatas, Calendar untuk melakukan penjadwalan pribadi dan kelompok, Konsol Admin untuk administrasi pengguna dan perangkat dalam domain yang ditentukan, serta pengaturan keamanan dan juga Vault (Lemari Penyimpanan) yang dapat menyimpan tanpa batas waktu dan menarik kembali arsip jika diperlukan.
Oke berikut Panduan Penggunaan  Portal Aktivasi dan Manajemen Akun Madrasah Domain Pendidikan Madrasah

1.Web Portal 

Kunjungi website MORA Account Provisioning Distribution Portal pada link: akun.madrasahhebat.id 

Setelah mengunjungi link diatas, anda akan disambut oleh laman utama dari MORA  Account rovisioning Distribution Portal,  tombol “Sign In” pada pojok kanan atas laman utama. 

2.Login 

Setelah menekan tombol “Sign In”, anda akan diminta untuk login menggunakan akun Google, seperti pada Gambar 2. Anda hanya bisa masuk dengan akun Admin Madrasah yang diberikan kepada Anda dengan nama akun ​(AkunAdminAnda)@madrasah.kemenag.go.id. Anda tidak dapat masuk ke Portal ini dengan domain selain ​madrasah.kemenag.go.id.  

Silakan masuk dengan Password Anda. Bagi yang pertama kali melakukan Login, Password Awal Anda harus dirubah dengan Password Baru yang Anda bisa ingat dan gunakan. Gunakan Aturan Password Baru yaitu minimal 8 Karakter, Memiliki Gabungan dari Minimal1 (satu) Huruf Besar, Huruf Kecil, Angka, dan Karakter Khusus (%,$,#,@, atau &). 

3. Dashboard

Setelah anda telah berhasil login dengan sukses, maka anda akan memasuki portal Admin Madrasah dengan halaman ​Dashboard ​ sebagai halaman utama, seperti pada Gambar 3.  

Halaman ​Dashboard akan menunjukkan berbagai informasi seperti informasi umum mengenai madrasah yang dikelola oleh akun anda, seperti nama madrasah,NSM,provinsi,serta kabupaten atau kota madrasah tersebut. Selain itu, ​Dashboard ​ juga menunjukkan jumlah total guru dan siswa, sertajumlahtotalperbaikandatadanresetpasswordyangsedangdiajukan.Pada bagian bawah​Dashboard, ​ terdapat Panduan Penggunaan Aplikasi yang beris iinformasi panduan tata cara penggunaan aplikasi portal ini. 

Pada pojok kanan atas setiap halaman terdapat nama dan foto profil Admin Madrasah,Bila ditekan, akan muncul dropdown untuk mengakses halaman “Akun Saya” yang berfungsi untuk merubah informasi pada akun Admin Madrasah. Selain itu, juga terdapat tombol “Logout” untuk keluar dari portal. 

Admin perlu memperhatikan data-data pada dashboard ini, mencocokan dengan data aktual jumlah siswa/ guru pada sekolah/ organisasinya masing-masing. Bilamana terdapat ketidaksesuaian data jumlah siswa/ guru maka perlu dilanjutkan kepada informasi detil berikutnya yaitu mencocokkan data aktual siswa/ guru dengan data pada portal ini. 

Untuk panduan lengkap nya silahkan simak file berikut ini :